Selasa, 02 Juli 2013

SAMSUNG GALAXY GRAND VS SAMSUNG SIII MINI

Sebelumnya tulisan ini dibuat bukan untuk memberikan kesan negatif suatu produk, namun hanya bermaksud untuk menjelaskan kepada para konsumen yang bingung memilih Smartphone Android  dengan budget 3jtan. Disini Chemistry Gadget (selanjutnya disebut ChemGad) mengambil contoh Galaxy SIII mini dan Galaxy Grand.


HARGA
PER 3JULI 2013 (SUMBER TABLOIDPULSA.CO.ID)
Dari segi harga, Samsung Galaxy SIII mini memiliki harga yg lebih bersahabat daripada Galaxy Grand. Galaxy Mini bisa anda bawa pulang dengan uang sebsar 3,15juta (ChemGad msh di angka Rp 2,9juta), sedangkan Galaxy Grand bisa laku dengan harga 3,675jt (ChemGad jual seharga 3,4juta). Dari segi harga kita anggap SIII mini yang menang.
Samsung Galaxy SIII mini - Samsung Galaxy Grand (1-0)

JARINGAN dan KONEKTIVITAS
Untuk keduanya, memiliki spesifikasi yang mirip, hanya saja Galaksi Grand menang disisi Dual Sim (Dual ON). Untuk konektivitas lain masih imbang, keduanya menggunakan Bluethooth versi 4 with A2DP, LE dan EDR. Untuk kabel data keduanya jg menggunakan micro USB yang digunakan pula untuk mencharge baterai. Dari segi ini Grand menang atas SIII mini. (1-1)


HARDWARE HANDSET

Untuk Dimensi dan Desain keduanya menggunakan konsep rounded (melingkar), sehingga nyaman dalam genggaman. Samsung Galaxy Grand memiliki dimensi 143.5 x 76.9 x 9.6 mm  dan berat 162 g, sedangkan Galaxy SIII mini 121.6 x 63 x 9.9 mm  dan berat 111.5 g. Walaupun Galaxy Grand lebih tipis namun Dimensi lebar dan panjangnya lebih luas sehingga beratnya pun menjadi lebih besar daripada SIII mini. Namun SIII mini menang di kualitas layar yang diterapkan yakni Super Amoled walaupun ukuran layarnya hanya 4 inci sedangkan Grand hanya menerapkan TFT capasitive untuk layar ukuran 5 inci nya.
Masuk ke alat penagabadian momen, kamera GRAND lebih besar dibandingkan SIII mini, lihat saja, Grand lebih digdaya dengan 8MP kamera plus Led  flash dengan kamera sekunder 2MP, namun SIII mini jg lumayan dengan 5 MP plus Led Flash dengan kamera sekunder VGA. Untuk urusan memori internal keduanya sam-sama memiliki 8GB internal memory, dengan yang sama yakni RAM 1GB. Namun untuk eksternal memori Grand sanggup ditancapkan oleh MicroSD hingga 64GB sedangkan Galaxy SIII mini hanya mencapai 32GB, tapi lumayanlah. Untuk OS kembali GRAND lebih unggul dengan Jelly Bean 4.1.2 nya setengah tingkat lebih baik daripada SIII mini yang masih Jelly Bean 4.1. Untuk prosesor, Grand mengadopsi prosesor Dual-core 1.2 GHz, sedangkan SIII mini NovaThor U8420, CPU 1 GHz dual-core Cortex-A9, GPU Mali-400.
Untuk Hardware, Setuju kan kalo Grand yang menang,, skor sementara 1-2

BATERAI
Ini dia yang ga boleh dilewatkan dari smarthphone berparas lebar, baterai. Untuk Grand menggunakan baterai berjenis Li-Ion 2100 mAh dengan waktu standby hingga 440 jam. Sedangkan Galaxy SIII mini menggunakan baterai berkapasitas 1500 mAh dengan waktu standby hingga 450jam. Walaupun lebih kecil ternyata SIII mini lebih unggul sedikit dari Grand. Ini disebabkan oleh ukuran layar SIII mini yg hanya 4 inci dan mnggunakan layar jenis AMOLED yang terkenal tidak rakus daya. Ditambah lagi SIII mini hanya single sim sedangkan Grand memiliki fitur dual sim, yang dimana fitur tersebut dapat menguras baterai. Dengan demikian dari segi bateai SIII mini unggul dari Grand, Skor imbang 2-2.

So, untuk para customer, tinggal pilih saja Samsung Galaxy mana yang jenis dan fiturnya ingin anda gunakan untuk menemani anda sepanjang hari. Keeduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar