Senin, 01 Juli 2013

Hati2 Penipuan Pengiriman Paket Luar Negeri ke Nigeria



Bismillah
Assalmualikum Wr. Wb.
Mdh2an pengalaman yang saya alami membuat teman2 bisa lebih berhati2 dalam proses jual beli online tentunya. Gmn ceritanya? Ayo dimulai.. Awalnya saya bertemu dengan teman SMA yang menawarkan bisnis jual beli HP, karena saya sering baca tabloid dan artikel handphone, maka saya tertarik dengan bisnis ini, selain itu bisnis ini juga memiliki keuntungan yang lumayan buat bisnis sampingan (:-)),, mulailah saya membuat akun toko online di Tokoba***.com soalnya saya ga punya counter atw warung kecil buat memajang jualan saya, (:-)),, salah satunya saya menawarkan ponsel BB Z10,


 (Hehe, gada gambarnya, tapi beneran saya ga tipu2 lho, BBnya beneran saya jual...)

Setelah beberapa jam, toko online tersebut mengizinkan publikasi iklan saya (Alhamdulillah, soalnya sdh banyak iklan yang ditolak :-)), setelah beberapa jam kemudian, masuklah email seperti dibawah ini..
Kemudian setelah saya bilang ponselnya ready stok mulailah dia kirim email lagi. termasuk alamat penerima paket

Awalnya saya senang, kenapa? Produk saya bisa dipesan oleh orang luar, bayangkan saja, dia membeli 7 batang hp sekaligus, sangat senang, dan belum terpikir keanehan yang macam2, tidak terpikir itu penipuan. Paketnya dikirim atas nama Aderemi James di Ibadan, Nigeria. Karena dia meminta biaya pengiriman total dan harga barang, sejak saat itu saya mulai belajar bagaimana cara kirim paket ke luar negeri, mulai dr mendalami EMS POS INDONESIA, telepon ke 161 (EMS hotline), belajar Pemberitahuan Ekspor barang, kepabeanan, dan baca2 blog orang yg telah mengekspor paketnya ke negara lain. Setelah saya cek2 saya hitung biaya pengiriman dan harga barang sejumlah US$ 4607 (lumayan belajar kurs jual mata uang, itung2 belajar ekonomi lagi :-)). Walaupun sudah sedikit keheranan, Fitri Yati, orang Jakarta, tinggal di UK tapi minta kirim paket ke Nigeria. Namun tetap saya lanjutkan, setelah saya hitung2, kemudian saya kirimkan biaya pengiriman kemudian saya tidur karena memang sudah malam, dan beberapa jam kemudian, dia kirim email seperti ini. Dan saat saya tertidur, dia mengirimkan email tersebut 2 kali dalam pesan yang berbeda dengan perbedaan waktu pengiriman email sekitar 3 jam (sdh ga sabaran kayaknya ampe 2 kali).

 (Email 1)

(Email ke 2) (Gmn mau balas cepet, saya lagi tidur, ZZzzz)(Pelaku mulai ga sabar dapet balasan email terlihat dari jumlah tanda tanya yg dia buat)

Setelah saya baca, kok dia bilang email dari bank sdh memproteksi pembeli dan penjual, gmn bisa? Itu prosedur aja, dia yang buat, saya pikir cuma proteksi ke dia, apalagi biaya sekitar US$ 4607 tersebut harus menggunakan uang saya dulu, setelah paket terkirim baru dia transfer, disitu kecurigaan saya mulai muncul,, namun saya meminta dia untuk bertukar identitas, mengirimkan KTP dan buku tabungan dari masing pihak, jika dia setuju saya yang akan kirim identitas lebih dulu, nah, dr mulai email tsb, dia tidak membalas email lagi, dan kecurigaan saya semakin besar, setelah itu saya coba searching tentang kasus penipuan pengiriman paket ke Luar Negeri, ketemulah saya ke dalam blog Indah Permata Sari 96, dari situ saya lumayan kaget ternyata sdh banyak orang yang dapat email dari dia, berikut blog nya


Dari situ saya bersyukur, Alhamdulillah, saya baru saja lepas dari penipuan, dan dari situ saya akan lebih berhati2 dalam berjualan online. Tapi saya mengambil hikmahnya saja, saya sudah cukup tahu bagaimana mengurus paket ke luar negri, menghitung kurs, hitung2 pengurusan PEB, PNPB, dll.. klo gak gitu gak bakal belajar kan? Mana mau... So tetaplah waspada dalam berjualan online, saya berterima kasih kepada Indah Permata Sari buat sharenya dan juga teman2 sesama seller online, ayo tetap berwirausaha, sekalian promosi, :-). Silakan yang mau melihat2 blog saya,, saya jualan online no tipu2,, bener2 serius dan terjamin,, ya kan Aderemi James dan Fitri Yati ?..

ehh dikirim email lagi.. email terakhir setelah beberapa menit entri ini dimuat.. (masih usaha buat nipu)

1 komentar:

  1. Jasa Kirim Barang Cair

    Jasa Kirim Barang Cair atau yang dulu lebih di kenal dengan nama KENZIE EXPRESS adalah jasa expedisi pengiriman Domestik & Internasional.
    Dengan Modal pengalaman di bidang Cargo / Expedisi ,kami yakin dapat membantu anda untuk mendistribusikan barang anda sampai keseluruh pelosok kepulauan Indonesia .
    Berikut Layanan kami :

    1. Jasa Pengiriman Udara normal cargo & Dangerous ,Darat & Laut
    2. Jasa Sewa Trucking : Engkel ,CDD,FUSO,Trailer .Kometo ,Lowbed & Doly
    3. Jasa Sewa Kapal LCT & Tongkang untuk pengiriman unit Heavy Lift .



    DAFTAR HARGA PENGIRIMAN UDARA UNTUK NORMAL CARGO GENCO


    Syarat & Ketentuan Pengiriman barang cairan khusus Dangerous Of Goods Domestik Via Udara :

    1. Harga terkena Surchargers 100% dari harga normal atau contoh 20.000 x 2 = harga /kg
    2. Minimum pengiriman 10 kg atau lebih
    3. Dikenakan Biaya Pembuatan ijin Shipdek / Spase maskapai penerbangan Rp. 600.000
    4. Dikenakan Biaya RAC & X-Ray Rp. 600.000
    5. Di kenakan Pembeliar Kardus Setandar IATA / penerbangan Rp. 350.000 dengan ketentuan tiap kardus tidak boleh lebih dari 6-7 kg





    Syarat & Ketentuan Pengiriman barang cairan tetapi tidak termasuk barang Dangerous Domestik Via Udara :

    1. Harga terkena Surchargers 100% dari harga normal atau contoh 20.000 x 2 = harga /kg
    2. Minimum pengiriman 10 kg atau lebih
    3.Barang harus di packing kayu & di wrapping plastik



    Untuk pengiriman barang cair internasional mohon whatsapp :

    1. Nama barang
    2. Total Kg
    3. Alamat tujuan lengkap

    Informasi :

    JL. Menteng Sukabumi 8 No. 8 - Rt 11 /03
    Cargo Area Bandara 501 ( Gatrans )
    Bapak .Sopian
    Mobile : 0812 1930 8119
    Whatsapp : 0838 7116 8881
    E-mail : jasakirimbarangcair@gmail.com - jasakirimbarangmurah@gmail.com
    Website : jasakirimbarangcair.wix.com/mysite-1

    BalasHapus